PENGARUH MODEL PEMBLAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERITA PENDEK PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 8 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2021/2022

Authors

  • Dewi Raulita Boru Manik STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Surastina Surastina STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Nani Angraini STKIP PGRI Bandar Lampung

Keywords:

Pengaruh Model, Inkuiri Terbimbing, Cerita Pendek

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap kemampuan menulis cerita pendek pada siswa kelas XI SMK Negeri 8 Bandar Lampung tahun ajaran 2021/ 2022. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Negeri 8 Bandar Lampung, sample penelitian sebanyak 52 orang. Pengambilan sample menggunakan teknik Random Sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen yang dilaksanakan pada dua kelas. Di dalam penelitian ini digunakan penerapan model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dalam menulis cerita pendek dan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning untuk mencari perbandingan. Instrumen  yang digunakan adalah teknik penugasan menulis cerita pendek.Hasil rata-rata kelas eksperimen diperoleh 78,34 setelah penerapan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing, sedangkan kelas kontrol memperoleh hasil rata-rata 67,23 setelah penggunaan model pembelajaran Based Learning. Penerapan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing berpengaruh terhadap kemampuan  siswa dalam menulis cerita pendek, hal tersebut terbukti setelah diperoleh perhitungan pada uji thitung  yaitu diperoleh thitung 12,7 >  ttabel 2,00.

References

Chaer, Abdul. 2014. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Dalman. (2016). Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Dewojati, Cahyaningrum. 2021. Sastra Populer Indonesia. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Ernani. Nery, R. (2020). “Pengaruh Teknik Ubah Diary dalam Menulis Cerpen Pada Siswa Kelas VII SMP Muhammaddiyah Tanjung Raja Kabupaten Ogan Ilihir Sumatra Selatan”. Jurnal Bindo Sastra. 4, (2), 113-125.

Ertikanto, Chandra. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Media Akademi.

Leo, Sutanto. (2017). Mencerahkan Bakat Menulis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Munirah. (2015). Pengembangan Menulis Paragraf. Yogyakarta: CV BUDI UTAMA..

Nurgiantoro, Burhan. 2013. Penilaian Pembelajaran Bahasa: Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Puspitasari, R. Diyah. (2019). “Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berpengaruh Terhadap Pemahaman dan Penemuan Konsep dalam Pembelajaran PPKn”. 3.

Sudjana. (2005). Metoda Stastika. Bandung: PT TARSITO.

Surastina. (2018). Pengantar Teori Sastra. Yogyakarta: Elmatera.

Tarigan, Henry Guntur. (2013). Menulis Sebagai Keterampilan Berbahasa. Bandung: CV Angkasa.

Umar, S.(2016). “Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen dengan Strategi Copy The Master Melalui Media Audiovisual pada Siswa Kelas Ixa SMP Negeri 2 Tolitoli”.Jurnal Kreatif Tadulako Online. 4(6), 282-300.

Wicaksono, Andri. (2017). Pengkajian Prosa Fiksi. Yogyakarta: Garudhawaca.

Downloads

Published

2021-06-23

How to Cite

Raulita Boru Manik, D. ., Surastina, S., & Angraini, N. (2021). PENGARUH MODEL PEMBLAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERITA PENDEK PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 8 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2021/2022. Warahan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1), 1–8. Retrieved from http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/112