PENGARUH MODEL COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 GEDONGTATAAN TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Authors

  • Defis Panduinata Purba STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Fransisca S.O. Dedi STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Rohana Rohana STKIP PGRI Bandar Lampung

Keywords:

Cooperative Script, Eksplanasi, Menulis

Abstract

Tujuan penelitian ini adalahuntuk mengetahui kemampuan siswa kelas XI semester ganjil SMA Negeri 2 GedongTataan tahun pelajaran 2021/2022 dalam menulis Teks Eksplansi berdasarkan indicator yang telah ditentukan yaitu (1) kesesuaian dengan kriteria syarat Teks Eksplanasi, (2) meningkatkan pengetahuan dan memahami efektivitas, (3) kemenarikan isi. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan faktor penyebab kesulitan, dan memberikan solusi terhadap kelemahan yang dialami oleh siswa. Metode  penelitian ini menggunakan comperative script. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas XI semester ganjil SMA Negeri 2 GedongTataan tahun pelajaran 2021/2022 dan eksperimen 22 siswa, kontrol 22 siswa. Teknik pokok yang digunakan yaitu teknik pemberian tugas, yakni menugaskan siswa menulis Teks eksplansi  yang di bu at. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa kelas XI dalam menulis teks eksplanasi dapat dikategorikan baik. Adapun faktor yang menyebabkan siswa masih sulit menulis teks eksplanasi, faktor tersebut diantaranya karena siswa masih banyak mengalami kesulitan dalam menulis teks eksplanasi  terutama pada syarat teks eksplanasi dalam penyusunan dan membuat contoh teks eksplansi.

References

Ansari. 2015. Perkembangan Keterampilan Menulis Paragraf. Yogyakarta. CV BUDI UTOMO.

Chaer, Abdul. 2014. Linguistik Umum. Jakarta . RINEKA CIPTA.

Dalman. 2016. Keterampilan Menulis. Jakarta. PT Rajarafindo Persada.

Huda miftahul. 2013 Model-model Pengajaran dan Pembelajaran Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Munirah. 2019. Pengembangan Keterampilan Menulis Paragraf. Yogyakarta. CV Budi Utama.

Nurgiantoro burhan. 2002. Penilaian Dalam Pengajaran Bahasa Dan Sastra. Yogyakarta. BPFE-Yogyakarta.

Sudjana. (2005). Metoda Stastika. Bandung: PT Tarsito.

Sugiono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung . Alfabela.

Sihabudin. 2019. Terampil Berbicara dan Menulis. Yogyakarta. Araska.

Tjiptadi, Bambang. 1994. Tata Bahasa Indonesia. Jakarta timur. Yudhistira.

Tarigan, Guntur henry. 2013. Menulis Suatu Keterampilan Bahasa. Bandung. CV Angkasa.

Purnanto Dwi. 2017. Buku Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAK Kelas XI. Pusat kurikulum dan perbukuan, Balitbang, Kemendikbud. Waridin.

Wicaksono, Andri dan Roza, Subhan Ahmad. 2015. Teori Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta . Garudhawaca.

Wicaksono, Andri. 2017. Pengkajian Prosa Fiksi. Yogyakarta. Garudhawaca.

Downloads

Published

2021-06-23

How to Cite

Panduinata Purba, D., S.O. Dedi, F. ., & Rohana, R. (2021). PENGARUH MODEL COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 GEDONGTATAAN TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Warahan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1), 1–13. Retrieved from http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/111