PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KUASAI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS VII SMP XAVERIUS 1 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Authors

  • Clara Cantantia Domina STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Surastina Surastina STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Frieska Maryova STKIP PGRI Bandar Lampung

Keywords:

Pengaruh Model Pembelajaran KUASAI, Kemampuan Menulis Puisi, Metode Penelitian Eksperimen

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran KUASAI terhadap kemampuan menulis puisi pada siswa kelas VII SMP Xaverius 1 Bandar Lampung tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Xaverius 1 Bandar Lampung tahun pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 99 orang siswa. Adapun sampel penelitian yang digunakaan yaitu sebanyak 52 orang siswa yang berasal dari dua kelas yang berbeda. Kelas pertama yaitu kelas VII C sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa sebanyak 26 orang dan kelas kedua yaitu kelas VII D sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa sebanyak 26 orang pula. Adapun teknik sampling yang digunakan dalaam proses pengumpulan data adalah random sampling. Teknik pokok yang digunakan dalam peroses penggumpulan data adalah teknik penugasan menulis puisi berdasarkan tema yang sudah ditentukan. Teknik anaalisis data menggunakan analisis statistik, hal ini dikarenakan data yang diperoleh adalah data kuantitatif atau data yang berupa angka-angka dari hasil pemberian tugas. Berdasarkan hasil analisis data penelitian dan pengujian hipotesis disimpulkan bahwa hasil rata-rata kemampuan siswa dalam menulis puisi pada kelas eksperimen (VII C) yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran KUASAI memperoleh nilai 85,46 lebih tinggi daripada kelas kontrol (VII D) yang memperoleh rata-rata nilainya yaitu 67,23.

References

Anggraini, Riya. 2018. Menulis Puisi dengan Pendekatan Stilistika. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Chaer, Abdul. 2014. Linguistik Umum. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Dalman. 2016. Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali.

Dewojati, Cahyaningrum. 2021. Sastra Populer Indonesia. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Nurgiantoro, Burhan. 2013. Penilaian Pembelajaran Bahasa: Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Rayya, Armielda. 2018. Teori dan Apresiasi Puisi Pujangga Hujan. Banda Aceh: Cahaya Bintang Kecil.

Rokhmansyah, Alfian. 2014. Studi dan Pengkajian Sastra; Perkenalan Awal terhadap Ilmu Sastra. Yogyakarta: GRAHA ILMU.

Rose, Colin dan Malcolm J. Nicholle. 2002. Accelerated Learning for The 21 st Century: Cara Belajar Cepat Abad XXI. Bandung: Nuansa.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supriyanto. 2020. Pembelajaran Puisi, Apresiasi Dari Dalam Kelas. Sleman: Cv. Budi Utama.

Surastina. 2018. Pengantar Teori Sastra. Yogyakarta: Elmatera.

Wicaksono, A. 2014. Menulis Kreatif Sastra dan Beberapa Model Pembelajarannya. Garudhawaca.

______________. 2017. Pengkajian Prosa Fiksi. Yogyakarta: Garudhawaca.

______________. 2019. Apresiasi Puisi Indonesia. Bandar Lampung: CV. Anugrah Utama Raharja.

Zarkasyi, W. 2017. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.

Hadi, Tita Amelia. 2014. Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran KUASAI Terhadap Keterampilan Metakognisi dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Biologi Pokok Bahasan Ekosistem (Siswa Kelas VII Semester Genap Tahun Pelajaran 2013/2014 SMP Negeri 2 Maesan Bondowoso). Jember: Universitas Jember. Vol 1.

Downloads

Published

2021-06-23

How to Cite

Cantantia Domina, C., Surastina, S., & Maryova, F. . (2021). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KUASAI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS VII SMP XAVERIUS 1 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Warahan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1), 1–12. Retrieved from http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/109