PENGGUNAAN MEDIA TIGA DIMENSI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VSD NEGERI 2 SERDANG TAHUN PELAJARAN2022/2023

Authors

  • Sukma Veti Mutiara STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Joko Sutrisno AB STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Elvandri Yogi Pratama STKIP PGRI Bandar Lampung

Keywords:

Learning Activities, Learning Outcomes, Three Dimensional Media

Abstract

This research was conducted based on the problems that occurred in VB class students at SD Negeri 2 Serdang, namely the low student learning activity and student learning outcomes. One of the right media to improve the activity and learning outcomes of Mathematics by using three-dimensional learning media. The purpose of this research is to improve the mathematics learning outcomes of VB class students at SD Negeri 2 Serdang. This type of research is Classroom Action Research (CAR) conducted at SD Negeri 2 Serdang for VB class students. CAR research was carried out in 2 cycles, each cycle consisting of 4 stages, namely planning, implementing, observing, and reflecting. Data collection techniques used are tests, observation sheets, interviews, and documentation. The subjects in this study were 21 students in class VB SD Negeri 2 Serdang. Based on data analysis, it is known that the learning outcomes of Mathematics in VB class at SD Negeri 2 Serdang have increased from cycle I to cycle II, namely 57.14% to 85.71%. This shows that the results of learning Mathematics on geometrical material using three-dimensional media show very good results. Based on the results of this research, it can be concluded that the use of three-dimensional media can increase the activity and learning outcomes of VB class students at SD Negeri 2 Serdang.

References

Andriani, R. &. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4 (1) 80-81.

Anggoro, F. d. (2011). Penggunaan media tiga dimensi dalam peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas IV materi bangun ruang. Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Anita, T. (2020). Penguatan pembelajaran pendidikan kewarganegaraan melalui digitalisasi media pembelajaran. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 10 (2), 31-41.

Apriani, Y. &. (2021). Implementasi model pembelajaran inquiry learning dengan menggunakan pembelajaran tiga dimensi pada pembelajaran IPS kelas III SDN 12 Tanah Tinggi. Jurnal penelitian pendidikan, 1 (1) 86-93.

Azhra, A. (2017). Media pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Botty, M. (2020). Hubungan kreativitas dengan hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran bahasa Indonesia di MI Mahad Islamy Palembang. Jip (Jurnal ilmiah PGMI), (2), 823-834.

Giatri, R. (2016). Pengaruh penggunaan media visual tiga dimensi terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 2 Rajabasa Bandar Lampung. Universitas Lampung. Skripsi.

Hendi, A. d. (2020). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis strategi metakognitif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 823-834.

Muhamudah, A. &. (2019). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis iectora inspire pada materi jurnal penyesuaian untuk siswa kelas X akutansi dan keuangan lembaga SMK Negeri 1 Tempel. Jurnal Pendidikan Akutansi Indonesia, 97-111.

Nabila, T. &. (2019). Faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa. Universitas Singa Perbangsa Karawang.

Purba, A. N. (2021). Meningkatkan hasil belajar pada pokok bahasan menulis puisi dengan menggunakan media visual tiga dimensi (3D) kelas V SD. Jurnal Ilmiah Aqvinas, 4 (2).

Rahmat, S. (2021). Pengaruh penggunaan media garis bilangan 3 dimensi terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 23 Serpong Kabupaten Majene. Universitas Muhammadiyah Makassar: Skripsi.

Rosyid Zaiful, d. (2019). Ragam media pembelajaran. Malang: Literasi Nusantara.

Suryani, L. d. (2020). Hubungan efikasi diri dan motivasi belajar terhadap hasil belajar berbasis e-learning pada mahasiswa program studi pendidikan matematika universitas flores. Jurnal hasil penelitian dan kajian kepustakaan di bidang pendidikan, pengajaran dan pembelajaran, 6 (2) 275-283.

Syachtiyani, R. W. (2021). Analisis motivasi belajar dan hasil belajar siswa di masa pandemic covid-19. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2 (1), 90-101.

Tampubalon, A. R. (2021). Pengaruh pembelajaran daring dan motivasi belajar terhadap hasil belajar di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5 (5) 3125-3133.

Wicaksono, A. (2022). Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Garudhawaca.

Yati Erni, d. (2016). Pengaruh media visual tiga dimensi terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Muhammadiyah 6 Pekanbaru. Jurnal Universitas Riau.

Yulianingsih. (2019). Penerapan media tiga dimensi dalam pembelajaran matematika kelas V Min 1 Dompu. Jurnal Universitas Sunan Kali Jaga Yogyakarta.

Downloads

Published

2023-12-09

How to Cite

Veti Mutiara, S., Sutrisno AB, J. ., & Yogi Pratama, E. . (2023). PENGGUNAAN MEDIA TIGA DIMENSI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VSD NEGERI 2 SERDANG TAHUN PELAJARAN2022/2023. CERDAS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Dasar, 2(2), 527–536. Retrieved from http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/pgsd/article/view/920