PENGEMBANGAN ANIMASI BERBASIS APLIKASI POWTOON PADA TEMA 6 KELAS IV SEKOLAH DASAR

Authors

  • Yunira Harahap STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Andri Wicaksono STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Connyta Elvadola STKIP PGRI Bandar Lampung

Keywords:

Science Subjects, Learning and Development Animated Video Media

Abstract

The purpose of this study was to determine how the development of learning animation video media and how effective the development of learning animation video media and can improve student learning outcomes. The method used is the Research and Development method. The development stages in this study begin with analyzing needs, designing, making learning animation video media, namely powtoon, after that it is applied and then a student learning outcomes test is conducted. Data analysis was carried out by descriptive percentage and one sample test for student completeness. This can be seen from the results of the material expert validation declared "very feasible", while the media expert for the media aspect declared "very feasible", and for the language aspect declared "very feasible". Meanwhile, the student response questionnaire was declared "very feasible" and the educator response questionnaire was declared "very feasible". This powtoon animated video media is effectively used in learning.

References

Saintifik untuk meningkatkan kreatifitas dan hasil BelajarDalam Mata Pelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Volume 1, Nomor 1. (dikutip 5 november 2022)

Awalia, I., Pamungkas, A. S., & Alamsyah, T. P. (2019). Pengembangan media pembelajaran animasi Powtoon pada mata pelajaran matematika di kelas IV SD. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1), 49-56. (dikutip 27 Desember 2022).

Azhar Arsyad.(2013). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada (dikutip 6 november 2022)

BARUS, T. B. (2019). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN KELAS IV SD 068003 PERUMNAS SIMALINGKAR TA 2018/2019 (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS QUALITY). (dikutip 8 november 2022)

Cahyani, F., Nurdiana, A., & Elvadola, C. (2022). PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS 4 SDN 01 BUMI SARI 2021/2022. CERDAS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Dasar, 1(1), 1-7. (dikutip 2 november 2022)

Fitriani, N. (2019). Pengembangan media pembelajaran audio-visual powtoon tentang konsep diri dalam bimbingan kelompok untuk peserta didik Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Bangsa, 6(1), 104-114. https://ejournal.bbg.ac.id//tunasbangsa/article/view/950/888 (dikutip 8 november 2022)

Fridayanti, Y., Irhasyuarna, Y., & Putri, R. F. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Audio-Visual Pada Materi Hidrosfer untuk Mengukur Hasil Belajar Peserta Didik Smp/Mts. Jupeis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(3), 49-63. http://jurnal.jomparnd.com/ (dikutip 18 november 2022)

Haryoko, S. (2012). Efektivitas pemanfaatan media audio-visual sebagai alternatif optimalisasi model pembelajaran. Jurnal Edukasi Elektro, 5(1). https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/ (dikutip 8 november 2022)

Karina, Meuthia Rizky,dkk. (2017). Hubungan Antara Minat Belajar Dengan hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran IPA Pada Kelas V SD Negeri Garot Geuceu Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol.2.No.1. (dikutip 5 november 2022)

Karwono & Heni, Mularsih. (2017). Belajar Dan Pembelajaran Serta Pemanfaatan Sumber Belajar. Jakarta : Raj Grafindo. (dikutip 5 november 2022)

Kurniawan, T. D., & Trisharsiwi, T. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosia Lsiswa Kelas V SD Se-kecamatan Gedangsari Gunungkidul Tahunajaran2015/2016. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 3(1). (dikutip 11 november 2022)

Muakhirin, B. (2014). Peningkatan hasil belajar IPA melalui pendekatan pembelajaran inkuiri pada siswa SD. Jurnal ilmiah guru caraka olah pikir edukatif, (1). (dikutip 2 november 2022)

Novita, L., Sukmanasa, E., & Pratama, M. Y. (2019). Penggunaan media pembelajaran video terhadap hasil belajar siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 64-72. (dikutip (9 november 2022)

Nurkholis, N. (2013). Pendidikan dalam upaya memajukan teknologi. Jurnal kependidikan, 1(1), 24-44. https://ejournal.uinsaizu.ac.id/ (dikutip 22 november 2022)

One, O. (2017). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Audiovisual Powtoon Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Madrasah Aliyah (Doctoral dissertation, Tanjungpura University). (dikutip 6 november 2022)

Ponza, P. J. R., Jampel, I. N., & Sudarma, I. K. (2018). Pengembangan Media Video Animasi pada Pembelajaran Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 6(1), 9-19. https://ejournal.undiksha.ac.id/ (dikutip 8 november 2022)

Rizki, A., PUTRI, K. E., & DAMAYANTI, S. (2022). PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS ANIMASI POWTOON PADA MATERI IPA KELAS IV SEKOLAH DASAR (Doctoral dissertation, Universitas Nusantara PGRI Kediri). http://repository.unpkediri.ac.id/ (dikutip 18 November 2022)

Rosyid, M. Z., Mansyur, MP., IP, S., Abdullah, A. R., & Pd, S. (2019). Prestasi belajar. Literasi Nusantara. https://books.google.co.id (dikutip 2 november 2022)

Sri, A. (2008). Media Pembelajaran. Surakarta: UPT UNS Press Universitas Sebelas Maret. http://staffnew.uny.ac.id (dikutip 7 november 2022)

Sufiyanto, I.M. (2019). Pembelajaran IPA SD/MI. Bandung : Manggu Makmur Tanjung Lestari. (dikutip 5 November 2022)

Sugiyono (2019) Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R&D Bandung : Alfabeta 2019 (Dikutip 19 November 2022)

Suriansyah, A. (2011). Landasan pendidikan. http://idr.uin-antasari.ac.id/ (dikutip 2 November 2022)

Tawil Muh & Liliasari. (2014). Keterampilan-Keterampilan Sains dan Implementasinya Dalam Pembelajaran IPA. Makassar: Badan Penerbit UNM. (dikutip 5 November 2022)

Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan ajar metode penelitian pendidikan dengan addie model. Jurnal Ika, 11(1). file:///C:/Users/yunir/Downloads/darmana,+3_Tegeh%20(2).pdf (dikutip 18 November 2022)

Wicaksono (2022). Metode Penelitian Pendidikan (Pengantar Ringkas). Yogyakarta: Garudhawacana, Yogyakarta.

Windiyani, T., Novita, L., & Permatasari, A. (2018). Penggunaan media pembelajaran gambar fotografi pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial siswa sekolah dasar. Jurnal JPSD Untirta, 4(1), 91-101. (dikutip 8 november 2022)

Wisada, P. D., & Sudarma, I. K. (2019). Pengembangan media video pembelajaran berorientasi pendidikan karakter. Journal of Education Technology, 3(3), 140-146. (dikutip 27 Desember 2022)

Wulandari, Y., Ruhiat, Y., & Nulhakim, L. (2020). Pengembangan media video berbasis powtoon pada mata pelajaran IPA di kelas V. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 8(2), 269-279. (dikutip 13 november 2022)

Downloads

Published

2023-12-09

How to Cite

Harahap, Y. ., Wicaksono, A., & Elvadola, C. (2023). PENGEMBANGAN ANIMASI BERBASIS APLIKASI POWTOON PADA TEMA 6 KELAS IV SEKOLAH DASAR . CERDAS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Dasar, 2(2), 277–288. Retrieved from http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/pgsd/article/view/892