UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN True Or False PADA MATERI PELAJARAN PPKN KELAS III SD EGERI 2 GEDONG AIR BANDAR LAMPUNG 2022/2023

Authors

  • Febila Dwiyanti Noer STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Wayan Satria Jaya STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Ridho Agung Juwantara STKIP PGRI Bandar Lampung

Keywords:

Interest in learning, students, learning strategies

Abstract

The iproblem iin ithis istudy iis ithe ilow iinterest iand istudent ilearning outcomes ithat ioccur idue ito ithe iuse iof istrategies iin ilearning ithat iare inot appropriate iand ilearning ithat iis istill iteacher-centered iso ithat istudents iin ilearning are iless iactive iin iparticipating iin ithe iongoing ilearning iprocess. iThe igoal ito ibe achieved iin ithis istudy iis ito iincrease istudent iinterest iand ilearning ioutcomes iby using ithe iTrue iOr iFalse ilearning istrategy iin ithe iPPKn isubject imatter ifor igrade III istudents iat iSD iNegeri i2 iGedong iAir iBandar iLampung iin ithe iAcademic iYear 2022/2023. iThis iClass iAction iResearch iMethod iuses i2 icycles. iin iclass iIII iA iSD Negeri i2 iGedong iAir iBandar iLampung ias imany ias i27 istudents. iThe iresearch results ishowed ithat ithere iwas ian iincrease iin istudent iinterest iand ilearning outcomes iby iusing ilearning istrategies ithat icould ibe iseen ifrom ithe iactive iway iof student ilearning iwith ithe ifollowing iresults: i(1) ithere iwas ian iincrease iin istudent learning iinterest i(2) ithere iwas ian iincrease iin ithe iaverage istudent ilearning outcomes. iBased ion ithese iresults, iit ican ibe iconcluded ithat ithe iTrue iOr iFalse Strategy ican iincrease iinterest iand ilearning ioutcomes iin iCivics iin iclass iIII students iat iSD iNegeri i2 iGedong iAir.

References

Adhisa, Serra. 2020. KajianiPenerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe True Or False Pada Kompetensi Dasar iKelainan Dan iPenyakit iKulit.Vol.9 iNo.3

Anderson, Lorin W. & Krathwohl, David R. i2010. Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan iAsesmen. Yogyakarta: Pustaka iPelajar.

Anitah W., Sri. 2019. Strategi Pembelajaran di SD. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Arikunto, Suharsimi, dkk. i2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Dewi, Kesuma Ratih. 2020. Analisis Karakteristik Siswa untuk Mencapai Pembelajaran yang Bermakna journal Education Research and Development. Volume i5, Nomor 2

Diarti, susiiPrima. i2017.Strategi True Or Falseiuntuk meningkatkan partisipasi belajariPPkn siswa kelas IV SD. Voli3. No. 2

Habiby, Wahdan najib. 2017. Statistika Penelitian. Surakarta: Muhammadiyah University Press.

Kanca, Iinyoman. dkk. 2021. Strategi pembelajaran kolaboratif Berbasis masalah secara daring pada Mata Kuliah Bahasa Inggris Pariwisata. (SerarilipV)

Kumala sari, fitri. 2021. iPeningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran PKn Yang Mencerminkan Perilaku Harga Diri Melalui Metode Bermain Peran. Vol. 1,,Noi1

Mansor, A. N., Abdullah, N.O., Wahab, J. A., Rasul, M.S., Nor, M.Y.M., Nor, N.M. and Raof, R.A. (2015). Managing problem-based learning: Challengesiand solutions for educational practice. Asian Social Science, i11(4), ip.259.2015 ISSN i1911-2017 iE-ISSN i1911-2025

Mulyadi, I nyoman, i2019. “Penerapan Model PembelajaraniMastery Learning untuk meningkatkan prestasi belajar imatematika siswaikelasiIX B SMP Negeri i3 Selat”. Vol 2, No.2

Nugroho, M. A., Muhajang, T., & Budiana, S. (2020). Pengaruh Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika. JPP Guseda Jurnal Pendidikan & PengajaraniGuru Sekolah Dasar, i3(1), i42–46. https://doi.org/10.33751/jppguseda.v3i1.2014

Oktavian, Catur Nurrochman. 2018. Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Melalui Metode Quantum Learning Teknik Memori Dengan Permainan Whispering. Jurnal Ilmiah iPro Guru iVol.4 No i2

Payadynya andre, I Putu Ade, dkk. 2022. Panduan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Yogyakarta: CV. Budi Utama.

Purba, alfitriana. Et. al. 2019. Pembelajaran Bahasa. Surabaya: Jagad media publishing.

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional,iKamus Bahasa Indonesia, (Jakarta: Pusat Bahasa, i2008), h. i682

Rahayu, Tri. i2019. Karakteristik iSiswa Sekolah Dasar Dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran. Volume 1 iNo. i2.

Ramadhani, rahmi. Et. al. 2021. Statistika Penelitian Pendidikan: Analisis Perhitungan Matematisidan Aplikasi SPSS. Jakarta: Kencana

Rohmah, Dr. Noer. i2020. “Psikologi Pendidikan”. Surabaya: CV: Jakad Media Publishing.

Rusman. 2017. Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses iPendidikan. Jakarta: iKencana.

Slameto. 2010. Belajar idan ifaktor-faktor iyang mempengaruhinya. iJakarta: Rhineka Cipta.

Sudjana, Nana. 2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sya’udiah, Ulfah. (2020). “Meningkatkan prestasi belajar pembelajaran dalam jaringan materi hukum islam dan modernitas dengan metode kolaboratif dalam kelas”. Vol.i3, No i2

Tim Pusat Penilaian Pendidikan. (2019). Panduan penulisan soal hots (higher order thinking skills). Jakarta: Pusat Penilaian Pendidikan, Badan Penelitian dan Pengembangan kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia i1954.

Wardani, I.G.A.K. iEt.al. 2020. Penelitian Tindakan Kelas. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Winataputra, iU.S.Et. al. i2020. Pembelajaran PKN di SD. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Yakin, Moh. Ainol. (2021). Media Pembelajaran Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Siswa Kelas X. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, i15(2), i108–114

Zaini, Hisyam. Et. al. 2008 Strategi Pembelajaran Aktif di Perguruan Tinggi, Yogyakarta: CTSD.

Zulqarnain. et. al. 2021. iPsikologi Pendidikan. Yogyakarta: CV. Budi Utama.

Downloads

Published

2023-06-23

How to Cite

Dwiyanti Noer, F. ., Satria Jaya, W., & Agung Juwantara, R. . (2023). UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN True Or False PADA MATERI PELAJARAN PPKN KELAS III SD EGERI 2 GEDONG AIR BANDAR LAMPUNG 2022/2023. CERDAS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Dasar, 2(1), 53–66. Retrieved from http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/pgsd/article/view/735