ANALISIS KONFLIK INTERNAL DAN EKSTERNAL DALAM NOVEL LAUT BERCERITA KARYA LEILA S. CHUDORIPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan konflik internal dan eksternal dalam novel Laut Bercerita karya Leila S. Chudori. Penelitian ini termasu

Authors

  • Alya Rahmayani STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Fransisca S.O. Dedi STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Dian Permanasari STKIP PGRI Bandar Lampung

Keywords:

Konflik Internal, Konflik Eksternal, Novel

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan konflik internal dan eksternal dalam novel Laut Bercerita karya Leila S. Chudori. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif. Sumber data penelitian ini bersumber dari novel Laut Bercerita karya Leila S. Chudori yang diterbitkan oleh Kepustakaan Populer Gramedia, dengan ketebalan buku 397 halaman, dan tahun terbit 2017. Metode yang digunkan pada penelitian ialah metode deskriptif kualitatif yang berarti data yang dianalisis diuraikan dengan kata-kata atau kalimat, tidak mengunakan angka ataupun menghitung. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode dokumentasi. Instrument pengumpulan data yang digunakan berupa penelitian dan dibantu oleh tabel mengenai konflik internal dan eksternal yang dialami tokoh utama dalam novel Laut Bercerita. Teknik analisis yang digunakan yaitu dengan cara reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsahan data yang dipakai menggunakan teknik triangulasi sumber. Berdasarkan hasil analisis data yang diteliti dalam novel Laut Bercerita karya Leila S. chudori mengenai konflik internal dan eksternal. Peneliti menemukan konflik internal atau batin, sedangkan konflik eksternal terdiri dari konflik fisik dan konflik sosial. Konflik tersebut yang dialami oleh tokoh utama dalam novel Laut Bercerita.

References

Adampe, Regina Yolanda. 2015. Tinjauan Sosiologis Terhadap Novel Detik Terakhir karya Alberthiene Endah. Jurnal Elektronik Fakultas Sastra Universitas Sam Ratulangi Manado. Volume 3, Nomor 2. Halaman 4.

Amna, Iba Harliyani, dan Rasyimah. 2022. Analisis Unsur dalam Novel Te O Toriatte (Genggam Cinta) karya Akmal Basral. Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Volume 3, Nomor. 2. Halaman 228.

Anggraeni, Ririn. 2016. Analisis Konflik Sosial dan Konflik Politik pada Novel Sekali Peristiwa di Banten Selatan karya Pramoedya Ananta Toer dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Membaca di SMA. Skripsi. Diterbitkan Fakulitas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sultan Tirtayasa.

Anita, Yulia. 2019. Konflik Batin Tokoh Dalam Novel Laut Berverita Karya Leila S. Chudori. Skripsi. Diterbitkan Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Sumatra Barat Padang.

Andriani, Rina dan Wulan Nuraini. Analisis Nilai Moral Bara karya Febrialdi Rusdi sebagai Salah Satu Alternative Bahan Ajar Apresiasi Sastra di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarnya. Volume 12, Nomor. 1. Halaman 54-55.

Chudori, Leila S. 2021. Laut Bercerita. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia.

Dewi, Neneng Keukeu Sinta, dkk. 2019. Hubungan Sosial dan Konflik Sosial Para Tokoh pada Novel Hayya karya Helvy Tiana Rosa & Benny Arnas. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Volume 9, Nomor. 1, Halaman 79.

Diana, Ani. 2016. Analisis Konflik Batin Tokoh Utama dalam Novel Wanita di Laut Sunyi karya Nurul Asmayani. Jurnal Pesona. Volume 2, Nomor. 1. Halaman 47.

Djumadin, Hawiah, dan Rosa Dalima Bunga. 2020. Konflik Internal dan Konflik Eksternal Tokoh dalam Novel Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck karya Buya Hamka. Retorika. Volume 1, Nomor. 2. Halaman 88-89.

Dayana, Ika Nur, dan Eggy Fajar Andalas. 2019. Konflik Batin Tokoh Pak Fauzan dan Pak Iskandar dalam Novel Kambing dan Hujan. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Volume 15, Nomor. 2. Halaman 1.

Febri, Irkhas. 2022. Jenis-jenis Konflik pada Karya Fiksi. https://bukunesia.com/jenis-konflik-padapkarya-fiksi/, diakses pada 31 Januari 2022 pukul 17.25.

Fitrianingrumevi, dan Pristasusanti. 2022. Analisis Kepribadian Tokoh-Tokoh dan Nilai Karakter dalam Novel Keling dan Kumang karya Masri Sareb Putra (Pendekatan Psikologi Sastra). Jurnal Kansasi. Volume 7, Nomor. 1. Halaman 18.

Hermawan, Dani dan Shandi. 2019. Pemanfaatan Hasil Analisis Novel Seruni karya Almas Sufeeya sebagai Bahan Ajar di SMA. Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya. Volume 12, Nomor 1. Halaman 14.

Lauma, Athar. 2017. Unsur-unsur Intrinsik Cerita Pendek “Protes” karya Putu Wijaya. Jurnal Elektronik Fakulitas Sastra Universitas Sam Rattulangi. Volume 1, Nomor 5. Halaman 5.

Larassati, Siti. 2022. Konflik Sosial dalam Novel Perempuan Yang Menangis Kepada Bulan Hitam karya Dian Purnomo: Kajian Sosiologi Sastra. Skirpsi. Diterbitkan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammmadiyah Sumatera Utara Medan.

Lisnawati, Iis, dkk. 2019. Drama Lelakon Raden Bei Surio Retno karya F. Wiggers dalam Perspektif Pendekatan Struktural dan Pendekatan Sosiologis. Jurnal Metabasa. Volume 1, Nomor 1. Halaman 2.

Miriani, Lisa, dkk. 2020. Analisis Konflik dalam Novel Kura-Kura Berjangut karya Azahri Aiyub. Jurnal Samudra Bahasa. Volume 4, Nomor. 1. Halaman 2.

Natasya, Nadia Irvana. 2023. Prosa Fiksi: Pengertian, Menurut Ahli dan Jenis. https://haloedukasi.com/prosa-fiksi, diakses pada 12 Maret 2023 pukul 21.58.

Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Sastra Anak. Yogyakarta: Gadjah Mada Unisversity Press.

Nurgiyantoro, Burhan. 2015. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada Unisversity Press.

Nurma, dkk. 2022. Konflik dan Watak Tokoh dalam Novel Kembara Rindu karya Habiburrahman El Shirazy: Kajian Psikologi Sastr. Jurnal Educatio. Volume 8, Nomor. 2, Halaman 697.

Puspaningtyas, Pramaisheli Aprillia. 2019. Nilai-Nilai Islam dalam Novel Sujudku yang Tersebunyi karya Garina Adelia. Skripsi. Diterbitkan. Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

Rahayu, Elvira, dkk. 2021. Nilai Toleransi dalam Cerpen-Cerpen Terbitan Koran Republika Daring dan Relevansinya sebagai Materi Ajar Sastra di SMA. Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya. Volume 9, Nomor 1. Halaman 25.

Rahayu, Ira. 2014. Analisis Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Teori dengan Pendekatan Mimetik. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Volume 1, Nomor. 1. Halaman 45.

Ramdani, Reza, dkk. 2021. Citraan dalam Antologi Puisi Sujud Sendu karya Uswatun Khasanah Dkk dan Implikasinya. Jurnal Skripta. Volume 7, Nomor. 1. Halaman 54.

Septiani, Eka dan Nur Indah Sari. 2021. Analisis Unsur Intrinsik dalam Kumpulan Puisi Goresan Pena Anak Matematika. Jurnal Pujangga. Volume 7. Nomor. 1. Halaman 99.

Surastina. 2021. Pengantar Teori Sastra. Jl. Waru 73 Kav 3 Sambilegi Baru Maguwoharjo Yogyakarta: Elmatera.

Susanti. 2016. Konflik Internal dan Eksternal Tokoh Utama Novel Atas Nama Cinta karya wahyu Sujiani dengan Teori Psikologi Linda L Davidoff. Skripsi. Diterbitkan Fakulitas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram.

Syarifudin, Muhamad dan Nursalim. 2019. Strategi Pengajaran Sastra. Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Volume 5, Nomor. 2. Halaman 4.

Syukriady, Dwi. 2021. Upaya Peningkatan Kemampuan Peserta Didik Kelas XII Jurusan Bahasa SMA Negeri 3 Palu dalam Menentukan Karakter Tokoh Novel “Pada Sebuah Kapal” karya N.H. Dini Melalui Metode Latihan Berjenjang. Jurnal Cakrawala Indonesia. Volume 1, Nomor. 4. Halaman 850.

Thabroni, Gamal. 2022. Prosa-Pengertian, Unsur, Jenis & Penjelasan Lengkap. https://serupa.id/prosa/, diakses pada 12 Maret 2023 pukul 22.34.

Tressyalina. 2016. Unsur Intrinsik Novel Tembang Ilalang karya MD. Aminuddin: Suatu Analisis Struktural. Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran. Volume 3, Nomor. 2. Halaman 109.

Wahid, Farid Ibnu dan Ilmi Solihat, 2020. Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengapresiasi Drama Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Fkip Untirta Melalui Video Pementasan Drama. Jurnal Membaca. Volume 5, Nomor. 1. Halaman 16.

Wahyuni, Elizabeth. 2017. Analisis Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik Novel Surat Kecil Untuk Tuhan karya Agnes Davonar sebagai Sumbangan Materi Bagi Pengajar Sastra. Skripsi. Diterbitkan. Fakulitas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Universitas Muhammadiyah Palembang.

Wicaksono, Andri. 2014. Menulis Kreatif Sastra. Yogyakarta: Garudhawaca.

Wicaksono, Andri. 2017. Pengkajian Prosa Fiksi. Yogyakarta: Garudhawaca.

Downloads

Published

2023-06-23

How to Cite

Rahmayani, A. ., S.O. Dedi, F. ., & Permanasari, D. (2023). ANALISIS KONFLIK INTERNAL DAN EKSTERNAL DALAM NOVEL LAUT BERCERITA KARYA LEILA S. CHUDORIPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan konflik internal dan eksternal dalam novel Laut Bercerita karya Leila S. Chudori. Penelitian ini termasu. Warahan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 171–180. Retrieved from http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/665