LOKUSI DAN ILOKUSI DALAM NOVEL LAYANGAN PUTUS KARYA MOMMY ASF

Authors

  • Dewi Lestari STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Wayan Satria Jaya STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Rohana STKIP PGRI Bandar Lampung

Keywords:

Novel, Tindak tutur Lokusi dan Ilokusi

Abstract

Penelitian lokusi dan ilokusi dalam novel layangan putus karya Mommy ASF ini mengkaji tentang tindak tutur lokusi dan ilokusi dalam novel. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk tindak tutur yaitu, mengetahui dan mendeskripsikan tindak tutur lokusi dan ilokusi dalam novel layangan putus karya Mommy ASF. Dalam penelitian ini digunakan teori tindak tutur untuk mengkaji lokusi dan ilokusi dalam novel tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Objek penelitian ini adalah lokusi dan ilokusi dalam novel layangan putus karya Mommy ASF yang diterbitkan RDM Publishers pada tahun 2020. Teknik analisis data menggunakan langkah menelaah/menganalisis, mendeskripsikan, membahas, dan menyimpulkan hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan novel layangan putus karya Mommy ASF tersebut banyak mengandung tindak tutur Lokusi dan Ilokusi. Di antaranya ada tiga jenis bentuk tindak tutur lokusi yang ditemukan yang terdiri dari lokusi deklaratif (pernyataan) dengan jumlah data yang diteliti berjumlah (8) data, lokusi interogatif (pertanyaan) dengan jumlah data yang diteliti berjumlah (15) data, dan lokusi imperatif (perintah) dengan jumlah data yang diteliti berjumlah (1) data. Dan tindak tutur Ilokusi di antaranya ada empat jenis bentuk tindak tutur ilokusi yang ditemukan yang terdiri dari ilokusi asertif dengan jumlah data yang diteliti berjumlah (5) data, ilokusi direktif dengan jumlah data yang diteliti berjumlah (7) data, ilokusi komisif dengan jumlah data yang diteliti berjumlah (3) data, dan ilokusi ekspresif dengan jumlah data yang diteliti berjumlah (12) data.

References

Chaer, A. & Agustina,L. (2004). Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.

Hastuti. (2022). Pragmatik. Yogyakarta: K-Media.

Hidayah, Tuti., Sudrajat, R.T., & Firmansyah, D. (2020). Analisis Tindak Tutur Lokusi, Ilokusi, Dan Perlokusi Pada Film “Papa Maafin Risa”. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 3(1). 75-76. DOI : https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/parole/article/viewFile/4466/pdf.

Iriany, Rosary. (2020). Analisis Tindak Tutur Dalam Novel Surat Kecil Untuk Tuhan Karya Agnes Davonar. Jurnal Of Intellectual Publication. 1(1). 34. DOI : https://journal.intelekmadani.org/index.php/ijipublication/ article/view/36.

Nurgiyantoro, Burhan. (2015). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Surastina. (2020). Pengantar Semantik Dan Pragmatik. Yogyakarta: Elmatera.

Surastina. (2021). Teori Sastra. Yogyakarta: Elmatera.

Wicaksono, Andri. (2014). Pengkajian Prosa Fiksi. Yogyakarta: Garudhawaca.

Wicaksono, Andri. (2017). Pengkajian Prosa Fiksi. Yogyakarta: Garudhawaca.

Yule, George. (2006). Pragmatik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2023-06-23

How to Cite

Lestari, D. ., Satria Jaya, W., & Rohana. (2023). LOKUSI DAN ILOKUSI DALAM NOVEL LAYANGAN PUTUS KARYA MOMMY ASF. Warahan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 77–88. Retrieved from http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/654