PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI DENGAN METODE TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 MENGGALA TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Authors

  • Desi Natalia STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Surastina Surastina STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Hastuti Hastuti STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Hastuti Hastuti STKIP PGRI Bandar Lampung

Keywords:

Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi, TGT

Abstract

Penelitian ini mengkaji kemampuan menulis teks eksplanasi dengan menggunakan metode Team Game Tournament (TGT) siswa kelas XI SMA Negeri 3 Menggala tahun ajaran 2021/2022. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan seberapa tinggi kemampuan menulis teks eksplanasi dengan menggunakan metode Team Game Tournament siswa kelas XI SMA Negeri 3 Menggala tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Instrumen tes digunakan untuk mengetahui kemampuan menulis teks eksplanasi siwa XI SMA Negeri 3 Menggala tahun ajaran 2021/2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ada pengaruh model pembelajaran Team game tournament (TGT)  terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Negeri 3 Menggala tahun Pelajaran 2021/2022. Rata-rata rata-rata kemampuan menulis teks eksplanasi kelas kontrol yang tidak menggunakan model pembelajaran Team game tournament (TGT)  adalah 63,53 sedangkan pada siswa kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Team game tournament (TGT)  didapat rata-rata hasil skor yaitu 71,25.  Dengan demikian ada perbedaan antara siswa yang diberikan model pembelajaran Team game tournament (TGT)  dengan siswa yang tidak model pembelajaran Team game tournament (TGT)  pada kemampuan menulis teks eksplanasi yang telah diberikan, dengan ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran  Team game tournament (TGT)  akan berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Negeri 3 Menggala tahun pelajaran 2021/2022.

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2003. Pendidikan Guru: Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: Bumi Aksara.

Huda, Miftahul. 2013. Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nurgiyantoro, Burhan. 2012. Penilaian Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Rahmanto. 2004. Metode Pengajaran Sastra.Jakarta: Depdiknas.

Rusman, Dr. 2013.Model- Model Pembelajaran mengembangkan profesionalisme guru. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Slavin, Robert E. (2005). Coopetaive Learning Teori, Riset dan Praktik (terjemahan). Bandung: Nusa Media.

Sugiyanto. 2010. Model-Model Pembelajaran Inovatif.Yuma Pessindo.

Sudjiono, Anas. 2008. Pengantar Statistik Pendidikan.Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Sugiyono. 2011. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sudjana, Nana. 1989. Teknologi Pengajaran.Bandung: Sinar Baru.

Surakhmad, Winarno. 1989. Pengantar penelitian ilmiah: dasar, metode dan teknik. Bandung: Trasito.

Sugandi, Achmad, dkk. 2000. belajar dan pembelajaran. Semarang: IKIP PRESS.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

The Lien Gie. 1992. Pengantar Dunia Karang-Mengarang. Yogyakarta: Leberty.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana.

Downloads

Published

2022-06-24

How to Cite

Natalia, D. ., Surastina, S., Hastuti, H., & Hastuti, H. (2022). PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI DENGAN METODE TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 MENGGALA TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Warahan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2), 1–14. Retrieved from http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/304