PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKN PADA SISWA KELAS III DI MI MIFTAHUL IMAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Authors

  • Ayu Inten Soeweno STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Akhmad Sutiyono STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Ambyah Harjanto STKIP PGRI Bandar Lampung

Keywords:

PKN learning outcomes, picture media

Abstract

This study aims to improve student learning outcomes by using puzzle media in class III PPKN subjects at MI Miftahul. The type of research conducted is Classroom Action Research. The subjects of this study were students of class III at MI Miftahul as many as 30 students. The implementation of the research was carried out in two cycles, the implementation in action was carried out in 4 stages, namely planning, implementation, observation/observation and reflection. The data collection instrument used was a test question to measure PKN learning outcomes. The type of data analysis used is qualitative and quantitative data analysis. Based on the results of data analysis in this study, it can be concluded that puzzle media can improve the learning outcomes of third grade PPKN students at MI Miftahul Iman in the 2022/2023 academic year. This is evidenced by the increase in student learning outcomes of PPKN by using puzzle media from the first cycle with an average of 70.2 to the second cycle with an average of 77.23. Thus there is an increase of 7.03%.

References

Ardi Al-maqassary, Pengertian Peta Menurut Para Ahli, Diakses pada tanggal 22 Feberuari 2022 dari situs: http://www.e-jurnal.com/2013/11/pengertian- petamenurut-para-ahli.html.

Arifin, Zainal. 2012. Penenlitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Arikunto, Suharsimi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Jakarta: Bina Aksara.

Arsyad, Azhar. 2003. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Arsyad, Azhar. 2019. Media Pembelajaran. Depok: PT. Rajagrafindo Persada Buku Guru Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas IV SD, 2014. Tema Tempat Tinggalku, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Dahar Wilis, Ratna. 2011. Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Danim, Sudarwan dan Khairil. 2015. Profesi Kependidikan.Bandung: ALFABETA.

Dimyati. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Fakhriyani, Diana Vidya. "Pengembangan kreativitas anak usia dini." Wacana Didaktika 4.2 (2016): 193-200.

Gerlach, Vernon S. & Ely, Donald P. (1980). Teaching and Media a Systematic Approach: Second Edition. New Jersey, U.S.: Prentice-Hall.

Hidayat, Dede Fauziah. Penggunaan media permainan monopoli untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial bahasan keanekaragaman suku bangsa dan budaya indonesia: Penelitian tindakan kelas pada siswa kelas VB Madrasah Ibtidaiyah Al-Munawar tahun pelajaran 2016-2017. 2017. PhD Thesis. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Kalsum, Umi. "peran guru dalam menyikapi modalitas gaya Belajar yang beragam dan meningkatkan kualitas pendidikan." Journal Scientific Of Mandalika (JSM) e- ISSN 2745-5955 2.1 (Januari (2021): 11-14

Khomsoh, Rosiana. "Penggunaan media puzzle untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial di sekolah dasar." Jurnal Penelitiand Penidikan Guru Sekolah Dasar 1.2 (2013): 1- 11

Kurniati, Eva Ayu. Penggunaan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Kreatifan Belajar Siswa Kelas III Pembelajaran Tematik di Muhajirin Kota Jambi. 2020. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, UIN Sulthan Thaha Saifudin.

Mulyasa, E. "Penelitian tindakan kelas."Bandung: PT Remaja Rosdakarya (2010).

Munandar, S.C. Utami Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Ningtiyas, Yuliana Ayu. Hubungan Media Puzzle dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Citeureup. tahun 2011 di UIN Syarif Hidayatullah.

Oktiani, Ifni. Kreativitas guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Jurnal kependidikan, 2017, 5.2: 216-232.

Rusman. Model Model Pembelajaran (Mengembangkan Profesional Guru). Jakarta: Raja Grafindo Persada. 2011.

Saefulloh, Penggunaan Media Gambar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Fiqih di Kelas IV MI Nurul Huda Sukoharjo T.P. 2014/2015. Program Studi Pendidikan Guru Madarasah Ibtidaiyah, STAIN Jurai Siwo Metro, tahun 2015

Selameto, Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta. 2010.

Siska, Yulia. 2016. Konsep Dasar IPS Untuk SD/MI. Yogyakarta: Penerbit Garudhawaca.

Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai, Media Pembelajaran. Bandung Sinar Baru Algorindo. 2007.

Sumadi Suryabrata. (2006). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Tanod, Mareyke Jessy dan Harjanto, Ambyah. 2019. Strategi Pembelajaran Sekolah Dasar. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pranala

Udin S Winaputra. (1999). Apa dan bagaimana pendidikan kewarganegaraanmenuju suatu paradigma baru. (Makala). Jakarta: Dirjen Dikdasmen, Depdiknas.

Uno, B, Hamzah dan Mohamad. Belajar dengan pendekatan PALKEM. Jakarta, PT Bumi Aksara 2011.

Usman, Muhammad Idris. "Pengaruh Kreativitas Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Arab Di MA DDI Al-Badar." Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan 19.1 (2016): 76-89.

Wiyono, Teguh. "Pengaruh Motivasi Siswa dan Kreativitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Pkn Siswa." Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan 6.2 (2018): 90-101.

Downloads

Published

2022-12-09

How to Cite

Soeweno, A. I. ., Sutiyono, A. ., & Harjanto, A. . (2022). PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKN PADA SISWA KELAS III DI MI MIFTAHUL IMAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023. CERDAS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Dasar, 1(2), 659–674. Retrieved from https://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/pgsd/article/view/593