PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LERNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA INTERKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 LANGKAPURA TAHUN 2021/2022
Keywords:
Science Learning Outcomes, Inquiry methodAbstract
The problem in this study is that student learning outcomes are not yet maximal. The purpose of this study was to determine the increase in science learning outcomes after following the inquiry learning method in third grade students of SD Ngeri 2 Sedayu Semaka Tanggamus. This research uses Classroom Action Research (CAR). Which is carried out in two cycles. Each cycle consists of stages of planning, implementing actions, observing/evaluating, and reflecting. Data collection techniques using test questions, observation and documentation. The results of the research in the first cycle were 40%, and in the second cycle it was 90% with indicators of the success of the action reaching 75%, with a KKM of 70. In addition, the results of the average percentage of student learning activity observation sheets in cycle 1 were 51.78%, and on the teacher activity observation sheet that is 76.92%. And in the second cycle student learning activity increased to 87.5% and teacher activity to 97.11%. This it can be said that the application of the inquiry method can improve the learning outcomes of third grade students of SD Negeri 2 Sedayu Semaka Tanggamus.
References
Amalia, Nida ‘Ilmi. 2020. “Pengaruh Penggunaa Problem Based learning (PBL) Berbantuan Media Interaktif Power Point Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas VII di SMP Negeri 17 Surakarta Tahun Pelajaran 2019-2020”. Surakarta: Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga.
Arifin, Zaenal. 2010. “Evaluasi Pembelajaran”. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Arindiono, Rudi Yulio. & Rahmadi, Nugrahadi. 2013. “Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Matematika untuk Siswa Kelas V SD”. Dalam jurnal Sains dan Seni Pamits, Vol. 2 No. 1 (halm 28-32). Desain Produk Industri. Fakultas Teknik Sipil & Perencanaan. Institut Teknologi Sepuluh November.
Arsya, Azhar. 2019. “Media Pembelajaran”. Rajawali Pers: Jakarta.
Astuti, Widia. 2019. “Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Fluida Statis. Jakarta: Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas ISlam NEgeri Syarif Hidayatullah.
Fauzia, Hadist Awalia. 2018. “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil belajar Matematika SD”. Volume 7 (hlm 41-47). Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan Universitas Riau.
Firda Khairati Amris & Desyandri. 2021. “Pembelajaran Tematik Terpadu menggunakan Model Problem Based Learning di Sekolah Dasar” dalam Jurnal Basicedu Volume 5 Nomor 4 (Halm 2172-2180). Padang: Universitas Negeri Padang.
Marbun, Maria Agustina. 2021. “Pengaruh Penggunaan Metode TTW (Think Talk Write) dalam Pembelajaran Menulis Berita Siswa kelas VII SMP Perintis 2 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2021-2022”. Bandar Lampung: Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Persatuan Guru Republik Indonesia.
Murdono, Mukhamad. Strategi Pembelajaran Kewarganegaraan berbasis Fortofolio. Yogyakarta: Ombak: Yogyakarta. 2012.
Parwati, Ni Nyoman, dkk. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Depok: Rajawali Pers.
Pidarta, Made. 2013. “Landasan Kependidikan Stimulus Ilmu Pendidikan Bercorak Indonesia”. Jakarta: Rineka Cipta.
Pratiwi, Utami Dyah Pratiwi. 2018. “Pengaruh Model Problem Based learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Muatan IPA Tentang Morfologi Tumbuhan di SD Tarakanita Bumijo Yogyakarta. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Yogyakarta: Universitas Nata Dharma.
Rerung, Nensi, dkk. 2017. “Penerapan Model Pembelajaran Problem Bassed Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik SMA Pada Materi Usaha dan Eneergi”. Dalam Jurnal Academia: Accelrating the world research. Volume 06 Nomor 1 (Halm 47-55). Papua Barat: FKIP UNIPA.
Risnanto, Rido. 2021. “Model Pembelajaran Problem Based Learning di Sekolah Dasar”. Yogyakarta: Pustaka Egaliter.
Rusman, 2012. “Model-model pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru”. Bandung: RajaGravindo Persada.
Setiawan, Eko. 2018. “Pembelajaran Tematik Teoritis & Praktis”. Erlangga.
Shalikhah, Norma Dewi. Dkk. 2017. “Media Pembelajaran Interaktif Lectora Inspire Sebagai Inovasi Pembelajaran”. Dalam jurnal Warta LPM, Vol 20. No. 1(halm 9-16). Magelang: Universitas Muhammadiyah Magelang.
Sofyan, Heminiarto. dkk. 2017. “Problem Based Learning Dalam Kurikulum 2013”. Yogyakarta: Uny Press.
Suartini, Ni Kadek. 2020. “Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Benda Konkret Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV. Dalam ADI WIDIA: Jurnal Pendidikan Dasar Volume 5 Nomor 1(Halm 56-60). Denpasar: Fakultas Dharma Acarya Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar.
Sugiono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Pt. Alfabet.
Sugiono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Pt. Alfabet, CV.
Tanod, Mereyke Jessy & Ambyah Harjanto. 2019. “Strategi Pembelajaran Sekolah Dasar”. Yogyakarta: Pustaka Pranala.
Tarigan, Darmawati dan Sahat Siagian. 2015. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Pembelajaran Ekonomi”. Dalam Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi dalam Pendidikan, Vol 2 No. 2 (halm 187-200). Medan: SMA 12 Medan & Universitas Negeri Medan.
Widyianto, Agus. 2016. “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Macromedia Flash 8 Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMK Negeri 1 Magelang”. Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.