PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN ULAR TANGGA PADA MATERI KERAGAMAN BUDAYA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 08 SIMPANG PEMATANG
Keywords:
Pengembangan Media Permainan Ular Tangga, Keragaman BudayaAbstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) media pembelajaran yang dipakai hanya berpatokan pada buku paket dan LKS saja, 2) proses pembelajaran masih berpusat pada guru, 3) rendahnya minat belajar siswa, 4) tidak adanya media pembelajaran dalam bentuk permainan untuk mengajarkan materi IPS dan 5) contoh-contoh materi keragaman budaya hanya menggunakan gambar yang tersedia dalam buku paket saja. Adapun media yang dapat dikembangkan untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu media permainan ular tangga. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kelayakan, kepraktisan dan keefektifan media pembelajaran permainan ular tangga pada materi keragaman budaya. Jenis penelitian ini yakni pendekatan penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation. Evaluation). Pada model ADDIE memberikan peluang yang banyak untuk melakukan evaluasi terhadap aktivitas pengembangan pada setiap tahap. Hasil penelitian menunjukkan pengembangan media pembelajaran permainan ular tangga memiliki tingkat kelayakan yang sangat tinggi. Hal ini dapat dilihat pada uji validasi ahli materi memperoleh rata-rata skor sebesar 3,6 (sangat valid), sementara uji validasi media memperoleh rata-rata skor sebesar 3,6 (sangat valid). Pada uji kepraktisan diperoleh dari hasil respon guru dan siswa memiliki tingkat kepraktisan yang sangat tinggi. Dari hasil respon guru dan siswa diperoleh hasil sebagai berikut 1) respon guru memperoleh rata-rata skor sebesar 3,6 (sangat praktis) dan 2) respon siswa memperoleh rata-rata skor sebesar 3,9 (sangat praktis). Selanjutnya uji keefektifan diperoleh dari hasil tes yang dilakukan dan memperoleh hasil yang sangat efektif. Dari hasil tes yang yang dilakukan diperoleh hasil belajar IPS siswa kelas IV dengan ketuntasan belajar siswa diperoleh sebesar 87,10%. Persentase tersebut dapat dikategorikan pada kriteria sangat efektif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran permainan ular tangga memiliki kelayakan, kepraktisan dan keefektifan yang sangat tinggi dalam pembelajaran IPS pada materi keragaman budaya.
References
Arsyad, Azhar. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Imaliyah, Dewi Ayu. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII Tema “Perubahan Masyarakat Indonesia Pada Masa Penjajahan dan Tumbuhnya Semangat Kebangsaan” Mata Pelajaran IPS di SMP Muhammadiyah 15 Lamongan. Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim.
Japar, Muhammad & Yulia Siska. (2019). Buku Ajar Konsep IPS di SD/MI. Bandar Lampung : AURA.
Kristanto, Andi. (2016). Media Pembelajaran. Surabaya: Bintang Surabaya.
Mardiah, Kiki Rizki. (2021). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga Pada Pembelajaran Tematik Subtema Indahnya Keragaman Budaya Negeriku Di Kelas Iv Sdn 38 Ampenan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan Volume 6 Nomor 3.
Muafiah, Andi Firdha. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Project Based Learning (PJBL) Pada Materi Keanekaragaman Hayati Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Pangkep. Makassar: UIN Alauddin.
Siska, Yulia. (2021). Pengembangan Materi, Media dan Sumber Belajar IPS SD/MI. Bandar Lampung: Arjasa Pratama.
Syahrial. (2019). Exploring Obstacles in Language Learning Among Prospective Primary School Teacher. International Journal of Evaluation and Research in Education, 249-254.