UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 KEBON JERUK BANDAR LAMPUNG

Authors

  • Ersa Safitri STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Wayan Satria Jaya STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Yulita Dwi Lestari STKIP PGRI Bandar Lampung

Keywords:

communication skills, social studies learning outcomes, Group Investigation method

Abstract

This study aims to find out and describe the use of the group investigation learning model to improve communication skills and social studies learning outcomes for Class IV SD Negeri 1 Kebon Jeruk Bandar Lampung. The type of research conducted is Classroom Action Research. The research subjects were students of Class IV B, totaling 18 students consisting of 10 male students and 8 female students. The research design used is the Kemmis and Mc model. Taggart which contains the stages of planning, implementing actions and observing, and reflecting. The data collection instruments used were test questions to measure students' social studies learning outcomes and observation sheets to determine students' communication skills. The type of data analysis used is qualitative and quantitative data analysis. Based on the results of data analysis in this study, it can be concluded that the application of the Group investigation method can improve communication skills and social studies learning outcomes for Class IV SD Negeri 1 Kebon Jeruk.

References

Aan Lasmanah. (2016). “Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Model Kooperatif Teknik group investigation (Penelitian Tindakan Kelas Terhadap Siswa Kelas Vii-a Smpn Sukasari Sumedang”.” Jurnal Analisa 2(3): 18–26.

Agus Suprijono. (2015). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Ahmad, Susanto. (2016). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Aqib, Zainal dan Murtadlo, Ali (2016). Kumpulan Metode Pembelajaran Kreatif & Kreatif. Bandung: Satunusa.

Asep Jihad dan abdul Haris. (2008). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi. Presindo.

Beni, A. (2012). Psikologi pendidikan dan pengajaran. Yogyakarta: CAPS.

Bundu, P. (2006). Penilaian Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah dalam Pembelajaran Ilmu Sosial di SD. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Chatab, Nevizond.(2007). Profil Budaya Organisasi. Bandung: Alfabeta Bandung

Dimyati dan Mudjiono. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Dwi, Agus.(2018). 9 Cara Jitu Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi Anda. Diakses melalui https://www.duniakaryawan.com/cara-meningkatkanketerampilan-berkomunikasi/

Gunawan, Imam. (2016). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Huda, Miftahul. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ihsana, (2017). Belajar dan Pembelajaran.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Istiqomah, N. (2007). Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa SD Negeri Sekaran 2 Pada Materi Pokok KPK dan Pecahan Dengan Menggunakan Pembelajaran KBK Bercirikan Pendayagunaan Alat Peraga dan Pendampingan. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1). Diakses melalui http://digilib.unnes.ac.id/gsdl/collect/skripsi/index/assoc/HASH01/01cb6 433.dir/doc.pdf.

Istirani dan Intan, (2017).Ensiklopedi Pendidikan. Medan: Media Persada.

Kurniasih, Imas dan Sani, Berlin (2017). Ragam pengembangan model pembelajaran untuk peningkatan profesionalitas guru. Bandung: Kata Pena.

M. Thobroni. (2015). Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Praktek. Yogjakarta: Arr-Ruzz Media.

Maryanti, S., Zikra, dan Nurfahanah. (2012). Hubungan antara Keterampilan Komunikasi dengan Aktivitas Belajar Siswa. Vol. 1 No.1. Diakses pada Senin, 2 Maret 2019 pukul 21.15 WIB.

Rusman. (2014). Model-model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme. Guru). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Shoimin, Aris. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Siska, Yulia. (2016). Konsep Dasar IPS untuk SD/MI. Yogyakarta: Garudhawaca.

Siska, Yulia. (2018). Pembelajaran IPS di SD/MI. Yogyakarta: Garudhawaca

Slameto. (2015). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Cetakan. Keenam. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Slavin, Robert E. (2011). Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Suprapto, T. (2011). Pengantar Ilmu Komunikasi dan Peran Manajemen Dalam Komunikasi. Jakarta: PT. Buku Seru.

Taryono. (2016). Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek dan Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Mata Pelajaran Fisika untuk Meningkatkan Keterampilan Abad 21 (4Cs) Siswa SMP. Diakses melalui http://repository.upi.edu

Downloads

Published

2023-06-23

How to Cite

Safitri, E. ., Satria Jaya, W., & Dwi Lestari , Y. . (2023). UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 KEBON JERUK BANDAR LAMPUNG. CERDAS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Dasar, 2(1), 39–52. Retrieved from http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/pgsd/article/view/734