PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKN PESERTA DIDIK KELAS II D DI SD NEGERI 1 LANGKAPURA TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Authors

  • Melisa Karomah STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Putut Wisnu Kurniawan STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Deri Ciciria STKIP PGRI Bandar Lampung

Keywords:

Audio Visual Media, Civics Learning Outcomes

Abstract

This research was motivated by the low learning outcomes in the Civics lesson content for class II D students at SD Negeri 1 Langkapura. The purpose of this study was to analyze the increase in student learning outcomes of Civics by using audio-visual media and to describe the use of audio-visual media in improving learning outcomes of Civics for Class II D students at SD Negeri 1 Langkapura. This type of research is classroom action research with the Kemmis & Mc Taggart model consisting of four stages, namely planning, action, observation, and reflection. The subjects in this study were students of class II D SD Negeri 1 Langkapura as many as 29 students. The results showed that there was an increase in PPKn class II D learning outcomes at SD Negeri 1 Langkapura using audio-visual media. The average learning outcomes at the pre-cycle stage were 49.31 with classical completeness 20.68% in the very low category. Then in the learning cycle I there was an increase in the average student learning outcomes of 64.13 with classical completeness 55.17% in the medium category. In cycle II, the average acquisition of student learning outcomes has increased, namely 79.65 with 86.20% classical completeness in the very high category. This proves that the use of audio-visual media can improve Civics learning outcomes for class II D students at SD Negeri 1 Langkapura for the 2021/2022 academic year.

References

Arafat Lubis, Maulana. 2020. Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jakarta: Kencana.

Aritonang, Keke T. 2008. Minat dan Motivasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.Jurnal Pendidikan Penabur, No. 10, 11-21.

Arikunto, Suharsimi. 2019. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi dkk. 2017. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Penelitian Tindakan. Yogyakarta: Aditya Media.

Arofah, Nur. 2019. Implementasi Tori Behaviorisme Terhadap Pembiasaan Membaca Asmaul Husna.Jurnal Paedagogia, Volume 8, No. 1, 169-186.

Arsyad, Azhar. 2019. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Ayuning Raresik, Kd dkk. 2016. Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas V SD Gugus VI.E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 4, 1-11.

Baswan. 2015. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Pada Materi Susunan Pemerintahan Daerah Melalui Metode Bermain Peran di Kelas IV SD DDI Siboang.Jurnal Kreatif Tadulako Online, Volume 3, 258-275.

Darmawan, Rohmad, dkk. 2022. Penerapan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Muatan Pelajaran PPKn Peserta Didik Kelas VI B di SD Negeri 01 Tawangmangu. Journal Of Education Research, Volume 4, 19-26.

El Khuluqo, Ihsana. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Elsa Patricia, Delvy & Dini Susanti. 2018. Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran Dengan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar Negeri 07 Ikur Kota Padang. Jurnal Kajian dan Pengembangan Umat, Volume 1, 58-70.

Faberta Kencana Sari, Fransiska. 2018. Peningkatan Hasil Belajar Siswa SD Pada Pembelajaran Tematik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Role Playing.Jurnal Satya Widya, 34, 62-76.

Fitria, Ayu. 2014. Penggunaan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Cakrawala Dini, Volume 5, 57-62.

Hamzah Suleiman, Amir. 2010. Media Audio-Visual: Untuk Pengajaran, Penerangan dan Penyuluhan. Jakarta: PT Gramedia.

Herry Hernawan, Asep. 2008. Makna Ketuntasan Dalam Belajar. Jurnal UNY (Majalah Ilmiah Pembelajaran), Volume 2, 1-15.

Irwan Nahar, Novi. 2016. Penerapan Teori Belajar Behavioristik Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, Volume 1, 64-74.

Iskandar, Rossi & Reza Rachmadtullah. 2017. Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Melalui Metode Role Playing di Kelas IV Sekolah Dasar.Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Volume 1, 135-144.

Jessy Tanod, Mareyke dan Ambyah Harjanto. 2019. Strategi Pembelajaran Sekolah Dasar. Yogyakarta: Pustaka Pranala.

Melvin, Tria & Surdin. 2017. Hubungan Antara Disiplin Belajar di Sekolah Dengan Hasil Belajar Geografi Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 10 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi, Volume 1, 1- 14.

Miswandi. 2018. Peningkatan Hasil Belajar PKN SD Melalui Strategi Crossword Puzzle. Jurnal Pendidikan: Riset & Konseptual, Volume 2, 300-306.

Nugraheni, Nursiwi. 2017. Making Of Audio Visual Media Making In Learning In Basic School. Jurnal Kreatif, Volume 8, 120-126.

Novanty, Icha. 2021. Pengaruh Penggunaan Metode Simulasi Berbantu Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih di SMP Islam Terpadu Ibnu Halim. Skripsi. Medan: Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Purwono, dkk. 2014. Penggunaan Media Audio-Visual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, Volume 2, 127-144.

Puspyta B, Nur Indah. 2019. Thesis Pengaruh Pengajaran Remedial Terhadap Ketuntasan Belajar Akutansi Siswa Kelas XII IPS SMAN 22 Makassar. Universitas Negeri Makassar.

Rima Wati, Ega. 2017. Ragam Media Pembelajaran. Yogyakarta: Kata Pena.

Riwahyudin, Arvi. 2015. Pengaruh Sikap Siswa dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar Di Kabupaten Lamandau.Jurnal Pendidikan Dasar, Volume 6, 11-23.

Rusman. 2012. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21. Bandung: Alfabeta.

Safaruddin. 2016. Teori Belajar Behavioristik. Jurnal Kajian Islam & Pendidikan, Volume 8, No. 2, 119-135.

Sardiman. 2016. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Setijo, Pandji. 2015. Pendidikan Pancasila: Pespektif Sejarah Perjuangan Bangsa. Jakarta: PT Grasindo.

Slamet. 2020. Peningkatan Hasil Belajar PPKn Melalui Media Audio Visual Pada Siswa Kelas V SD. Jurnal Inovasi dan Riset Akademik, Volume 1, 223-229.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syarif Sumantri, Mohamad. 2016. Strategi Pembelajaran: Teori dan Praktik di Tingkat Pendidikan Dasar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Yuberti. 2014. Teori Pembelajaran dan Pengembangan Bahan Ajar Dalam Pendidikan. Bandar Lampung: Anugrah Utama Raharja.

Yunella Pigai, Ketty. dkk. 2018. Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Student Team Achievement Division (STAD) Berbantuan Papan Permainan Monopoli Pada Materi Minyak Bumi Kelas XI IPA SMA Advent Manokwari. Jurnal UNIPA. Hal 92-98.

Downloads

Published

2022-06-24

How to Cite

Karomah, M. ., Wisnu Kurniawan, P. ., & Ciciria, D. . (2022). PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKN PESERTA DIDIK KELAS II D DI SD NEGERI 1 LANGKAPURA TAHUN PELAJARAN 2021/2022. CERDAS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Dasar, 1(1), 1–10. Retrieved from http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/pgsd/article/view/227