PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SEMESTER GANJIL SMP NEGERI 2 TERBANGGI BESAR TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Authors

  • Silvia Dwi Safitri STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Aty Nurdiana STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Nurashri Parsatiwi STKIP PGRI Bandar Lampung

Keywords:

Probing prompting, mathematical communication skills

Abstract

This study aims to determine the effect of the Probing Prompting learning model on the mathematical communication skills of eighth graders in the Odd Semester of SMP Negeri 2 Terbanggi Besar in the 2021/2022 academic year. The research method is an experimental method. The population in this study were all students of class VIII SMP Negeri 2 Terbanggi Besar, with the sample selected using cluster random sampling technique as many as 2 classes, namely VIII B as the experimental class and class VIII D as the control class. Data collection Normality and homogeneity of data. The results of hypothesis testing in this study used the t-hit formula. Based on the results of hypothesis testing using the statistical formula t-test, the value of t = 4.68 is obtained. From the t distribution table at a significant level of 5%, it is known that t= t(1-α) = 1.67 means t > t which is 4.68 > 1.67, so it can be concluded that there is an effect of the Probing Prompting learning model on students' mathematical communication skills Class VIII Odd Semester SMP Negeri 2 Terbanggi Besar Academic Year 2021/2022.

References

Astuti, dkk. (2018). “Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Di SMP Negeri 193 Jakarta”. Jurnal seminar nasional pendidikan matematika 2018. 1,Oktober 2018.

Darkasyi, dkk. (2014). “Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Motivasi Siswa dengan Pembelajaran Pendekatan Quantum Learning pada siswa SMP Negeri 5 Lhokseumawe”. Jurnal didaktik matematika.1,(1),April 2014.

Elvandari dan Supardi. ( 2013). “Penerapan Model Pembelajaran Probing Prompting Berbasis Active Learning Untuk Meningkatkan Ketercapaian Kompetensi Siswa”. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol 10,No.1, 2016.

Fakhrurrazi. (2018). ”Hakikat Pembelajaran Yang Efektif ”. Jurnal At-Tafkir.vol.No.1 Juni 2018.

Hendriana, Rohaeti, Sumarmo. (2017). Hard Skillls dan Soft Skills Matematik Siswa. Cimahi: Refika Aditama.

Hendriana, Rohaeti, Sumarmo. (2016). Hard Skillls dan Soft Skills Matematik Siswa. Cimahi:PT Refika Aditama.

Heryan, U. (2018). “Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMA melalui pendekatan pembelajaran matematika realistik berbasis etnomatematika”. Jurnal pendidikan matematika raflesia. Tersedia di: https://ejurnal.unib. ac.id/index.php/jpmr.

Huda, M. (2013). Model- model pengajaran dan pembelajaran: isu-isu metodis dan paradigmatis. Malang: PT Pustaka Pelajar.

Lestari, K.E dan Yudhanegara, M.R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Karawang: PT Refika Aditama.

Nurdiana, A dan Haryanto. (2019). “Pengaruh ACTIVE KNOWLEDGE SHARING Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIIII Sekolah Menengan Pertama”. LENTERA: Jurnal ilmiah kependidikan.2,(12),2019.

Rachnarani, S.E. (2017). “Penerapan Model Pembelajaran Probing Prompting Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Keaktifan Belajar Siswa Pada Materi Aljabar Kelas VII SMP Muhammadiyah Kediri Tahun 2016/2017”. Artikel Skripsi Universitas Nusantara PGRI Kediri .

Rusman, M.Pd. (2012). Model- Model pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakata: PT Rajagrafindo Persada.

Setiani,A dan Priansa,Donni Juni. (2014). Manajemen Peserta Didik dan Model Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulim 2013. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Subhana, P. (2018). “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Think Talk Write (TTW) Untuk meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 3 Banda Aceh”. Skripsi Universitas Darussalam Banda Aceh.

Suryani, dkk. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Surakarta: PT Remaja Rosdakarya.

Utami. (2016). “Penerapan Model Pembelajaran Probing Prompting Dalam Pembelajaran Mengabstraksi Teks Negosiasi Pada Siswa Kelas X SMA/MA”. Jurnal Riksa Bahasa .2,(2).November 2016.

Yunan, M & Purnamasari, E. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Probing-Prompting Terhadap Hasil Belajar Siswa”.jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Vol. 6 No. 2 September 2018.

Downloads

Published

2021-12-13

How to Cite

Dwi Safitri, S. ., Nurdiana, A. ., & Parsatiwi, N. . (2021). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SEMESTER GANJIL SMP NEGERI 2 TERBANGGI BESAR TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Jurnal Mahasiswa Pendidikan Matematika (JMPM), 3(2), 1–11. Retrieved from http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/matematika/article/view/73