PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHDAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS X SEMESTER GENAPSMA NEGERI 3 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Authors

  • Ulfia Apriyanti STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Aty Nurdiana STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Elvandri Yogi Pratama STKIP PGRI Bandar Lampung

Keywords:

Media Audio Visual, Masalah Matematika

Abstract

Ketidakmampuan siswa untuk memecahkan masalah matematika salah satunya disebabkan oleh kurang memanfaatkan media pembelajaran yang membuat siswa memperhatikan dalam proses pembelajaran matematika. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh media audio visual terhadap kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika di kelas X SMA Negeri 3 Bandar Lampung tahun ajaran 2022/2023. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X semester genap di SMA Negeri 3 Bandar Lampung. Memanfaatkan teknik Cluster Random Sampling, sampel diambil dari dua kelas yaitu kelas X-3 dan kelas X-4. Tes berbentuk esai lima soal digunakan untuk menilai kemampuan siswa dalam menjawab soal numerik. Validitas dan reliabilitas esai sudah diperiksa. Uji t digunakan untuk menguji hipotesis. Hasil pengujian didapatkan dengan melihat ukuran pengujian sebesar 5% didapat, dimana standar pengujian 4,51 > 1,66 sehingga diberhentikan dan diakui. Dalam hal ini menunjukkan bahwa keterampilan pemecahan masalah matematika rata-rata lebih tinggi yang menggunakan media audio-visual dari pada siswa yang menggunakan media konvensional. Hal ini mengindikasikan bahwa siswa kelas X SMA Negeri 3 Bandar Lampung tahun pelajaran 2022/2023 akan mendapatkan manfaat dari penggunaan media audio visual.

References

Amam, A. (2017). Penilaian Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Teori Dan Riset Matematika (TEOREMA), 2 (1)(1), 39–46.

Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran (Edisi Revi). PT. Raja Grafindo Persada.

Hadi, S., & Novaliyosi. (2019). TIMSS Indonesia (Trends In International Mathematics And Science Study). 562–569.

Hendriana, H., Rohaeti, Eti, E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematika Siswa (N. Nurul Falah Atif (ed.)).

Kausar, M., AB, joko, S., & Pratama, Elvandri, Y. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas XI SMK Trisakti Jaya Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika STKIP PGRI Bandar Lampung, 1–10.

Amam, A. (2017). Penilaian Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Teori Dan Riset Matematika (TEOREMA), 2 (1)(1), 39–46.

Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran (Edisi Revi). PT. Raja Grafindo Persada.

Hadi, S., & Novaliyosi. (2019). TIMSS Indonesia (Trends In International Mathematics And Science Study). 562–569.

Harefa, D., & Laia, T. (2021). Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Non Formal, 329-338.

Hendriana, H., Rohaeti, Eti, E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematika Siswa (N. Nurul Falah Atif (ed.)).

Kausar, M., AB, joko, S., & Pratama, Elvandri, Y. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas XI SMK Trisakti Jaya Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika STKIP PGRI Bandar Lampung, 1–10.

Lestari, Kurnia, E., & Yudhanegara, Ridwan, M. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika (Anna (ed.)). PT. Refika Aditama.

Noviyana, H. (2019). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe. 2, 44–54.

Palera Vika, Anriani Nurul, A. C. H. F. (2019). Pengaruh Model Blended Learning Berbantuan Video Interaktif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. 1(2), 103–116.

Polya, G. (1973). How To Solve It A New Aspect Of Mathematical Method. United States Of America.

Safitri, I., & Ismalia, N. (2017). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Dikelas X SMA Muhamadiyah-10 Rantau Prapat Tahun Pelajaran 2016/2017. 3 (1), 14–23.

Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut, 5, 148–158.

Downloads

Published

2023-06-23

How to Cite

Apriyanti, U. ., Nurdiana, A., & Yogi Pratama, E. . (2023). PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHDAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS X SEMESTER GENAPSMA NEGERI 3 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Jurnal Mahasiswa Pendidikan Matematika (JMPM), 5(1), 1–10. Retrieved from http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/matematika/article/view/723